Inabuy.com - Soal Uji Kompetensi Guru -UKG- PKN SMA/SMK/MA. Di bawah ini ada 25 Soal Uji Kompetensi Guru -UKG- PKN SMA/SMK/MA yang bisa anda pelajari sebagai jalan memperoleh sertifikasi guru. Soal Uji Kompetensi Guru -UKG- PKN SMA/SMK/MA ini bisa dicopi langusung untuk lebih memudahkan dalam mempelajarinya.
Soal Uji Kompetensi Guru -UKG- PKN SMA/SMK/MA. di atas sedikit perlu pembaharuan lagi di lain waktu. Untuk itu bagi yang punya pertanyaan atau soal sejenis bisa menyumbangkannya melalui komentar di bawah ini
Baca juga :
1. Salah satu yang membedakan negara dengan organisasi social lainnya adalah….
A. Ada pengurusnya
B. Memiliki alat/tata tertip yang memaksa
C. Memiliki tujuan
D. Memiliki alat kelengkapan organisasi.
2. Yang disebut dengan pengurus dalam organisasi negara adalah ….
A. Alat-alat kelembagaan negara
B. Semua lembaga-lembaga negara
C. Pemerintah
D. Pamong Praja
3. Pengakuan bukanlah sebagai unsur negara hanya sebagai menerangkan saja.
A. Pengakuan sebagai unusr Constitutive
B. Pengakuan sebagai unsur convensional
C. Pengakuan sebagai unsur Definitif
D. Pengakuan sebagai unsur Declaratif
4. Terbentuknya negara dengan cara negara lama terpecah dan lenyap, kemudia lahir negara baru, disebut terbentuknya negara dengan cara….?
A. Innovation
B. Peleburan (Fusi)
C. Accopatie
D. Proklamasi
5. Negara yang pemerintahannya diterletak ditangan sejumlah orang dari golongan feodal disebut negara …..
A. Monarchie
B. Autocratie
C. Oligarchie
D. Aristocratie
6. Negara yang berada di bawah perlindungan negara lain disebut Negara ….
A. Mandat
B. Perwalian
C. Dominion
D. Protektorat
7. Negara Perwalian dapat diberlakukan pada ….
A. Wilayah yang dipisahkan dari negara yang kalah pada perang dunia II
B. Wilayah yang dipisahkan dari negara yang kalah pada perang dunia I
C. Negara yang masih dijajah negara lain
D. Negara-negara yang tidak mampu mengurus dirinya sendiri.
8. Gabungan negara yang kepala negara dan perlengkapan negaranya ditetapkan secara pemilihan disebut negara ….
A. Serikat Negara
B. Uni Riil
C. Uni Personil
D. Negara Serikat
9. Apakah fungsi negara yang paling utama ?
A. Menjaga keutuhan bangsa dan negara
B. Melaksanakan pembangunan nasional
C. Menyelamatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
D. Mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
10. Bagaimanakah caranya Indonesia membentuk neg?ara RI
A. Melaui meja perundingan (KMB)
B. Melalui kerjasama dengan PBB
C. Melepaskan diri dari kekuasaan Belanda
C. Melalui cara Innovatien (pembentukan baru)
1. Demokrasi dapat dipahami secara normatif dan secara empirik. Demokrasi secara empirik artinya adalah:
a. demokrasi dalam praktek
b. demokrasi dalam teori
c. demokrasi sesuai aturan
d. demokrasi yang dipaksakan
e. demokrasi secara konseptual
2. Secara empirik terdapat keanekaragaman berdemokrasi di berbagai negara. Hal itu antara lain disebabkan oleh disebabkan oleh:
a. jumlah penduduk yang berbeda,
b. kondisi geografis yang berbeda
c. kondisi sosial budaya dan ideologi yang berbeda
d. potensi sumber daya yang berbeda
e. pengaruh lingkungan yang berbeda.
3. Setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah harus sesuai dengan aspirasi rakyat dan dapat dipertanggungjawabkan di hadapan rakyat. Hal itu sesuai dengan indicator demokrasi:
a. rekruitmen politik yang terbuka
b. akuntabilitas,
c. rotasi kekuasaan,
d. fleksibilitas,
e. penghargaan HAM.
4. Pengisian jabatan publik dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk berkompetisi. Hal itu sesuai dengan indikator demokrasi:
a. akuntabilitas,
b. rotasi kekuasaan,
c. fleksibilitas,
d. penghargaan HAM.
e. rekruitmen politik yang terbuka
5. Pada kurun waktu setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 sampai menjelang Orde Baru 1966, Indonesia menerapkan sistem:
a. demokrasi liberal
b. demokrasi parlementer
c. demokrasi rakyat
d. demokrasi sosialis
e. demokrasi Pancasila
1. Budaya politik parokial ditandai oleh hal-hal sebagai berikut, kecuali:
a. adanya spesialisasi dalam masyarakat yang sangat kecil,
b. diferensiasi terbatas,
c. orientasi politik sempit dari warga masyarakat,
d. aktor politik sekaligus menjalankan berbagai peran yang lain.
e. kesadaran politik yang cukup tinggi.
2. Kuatnya sentiment kedaerahan, kesukuan, dan keagamaan dalam masyarakat Indonesia, merupakan indikator budaya politik Indonesia yang masih diwarnai oleh:
a. primordialisme
b. paternalisme
c. patrimonial
d. tradisionalisme
e. modernisme.
3. Masyarakat Indonesia yang masih membawakan pola panutan, untuk melakukan sesuatu yang diharapkan, memerlukan figure yang bisa dijadikan sebagai acuan. Hal itu manandakan budaya politik Indonesia yang membawakan ciri:
a. primordialisme
b. paternalisme
c. patrimonial
d. tradisionalisme
e. modernisme.
4. Hampir setiap orang menganggap dirinya dan orang lain sebagai anggota aktif dalam kehidupan poltik, dan masing-masing sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan politik. Hal itu merupakan indikator budaya politik:
a. tradisional,
b. modern,
c. parochial,
d. partisipan.
e. subyek,
5. Dengan memperhatikan pendapat para pakar, dapat dikemukakan beberapa ciri budaya jawa yang sangat berpengaruh terhadap budaya politik Indonesia. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut, kecuali:
a. cenderung tidak berada dalam situasi konflik,
b. mudah tersinggung.
c. kompetitif dan terbuka
d. menilai tinggi ketenangan sikap.
e. kuatnya rasa kebersamaan.
1. Penandatanganan penjanjian bilateral merupakan bentuk pengakuan suatu negara yang bersifat….
a. pengakuan kepala pemerintahan
b. pengakuan kepala Negara
c. pengakuan de facto
d. pengakuan de jure
2. Salah satu bentuk Negara yang diakui oleh masyarakat internasional adalah ….
a. Konfederasi,
b. Federasi,
c. Kondominium,
d. Anggota Persemakmuran.
1. Perserikatan Bangsa-bangsa termasuk organisasi internasional yang bersifat ….
a. global
b. regional
c. lokal
d. terbatas
2. ASEAN merupakan organisasi internasional yang didirikan oleh bangsa-bangsa Asia Tenggara dengan sifat ....
a. global
b. regional
c. lokal
d. terbatas
1. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan pembelajaran, yang disusun untuk....
a. mencapai tujuan pembelajaran
b. memudahkan guru mengajar
c. memberi pedoman keterlibatan siswa
d. memperjelas materi pembelajaran
2. Metode ceramah bukan satu-satunya metode yang dapat dilakukan untuk menerapkan strategi ekspositori, melainkan ada metode lain, seperti ....
a. demosntrasi
b. simulasi
c. diskusi atau curah gagasan
d. penelusuran informasi
3. Menurut Joyce dan Weil, bahwa pada hakikatnya pembelajaran adalah membantu para peserta didik memperoleh
a. informasi dan ide tertentu
b. keterampilan
c. nilai dan cara berfikir
d. jawaban a, b, dan c benar
4. Strategi tegi pembelajaran yang pada dasarnya menitikberatkan pada cara-cara memperkuat dorongan internal manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data adalah....
a. strategi pengelolaan informasi
b. strategi personal
c. strategi sosial
d. strategi sistem perilaku
5. Manusia mengembangkan kepribadian yang unik dan melihat dunia dari sudut pandangnya yang juga unik. Hal ini sejalan dengan penggunaan strategi ...
a. pengelolaan informasi
b. personal
c. sosial
d. sistem perilaku
6. Setiap konsep memiliki empat elemen, yaitu nama, contoh atau eksemplar, ciri-ciri (atribut) esensial dan tidak esensial, serta ....
a. bukan contoh
b. definisi
c. nilai dari cir-ciri
d. unsur dari ciri-ciri
7. Proses berfikir yang bergerak dari fakta-fakta yang khusus menuju ke generalisasi yang bersifat umum mendasari model pembelajaran....
a. induktif
b deduktif
c konstruktivistik
d. klarifikasi nilai
8. Model ini cocok untuk mengajarkan nilai-nilai yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, yaitu model pembelajaran....
a. pengungkapan perasaan
b. analogi
c. pilihan rasional
d. analisis rasional
9. Tenggang rasa atau empati dapat dibutuhkan dengan cara mengandaikan dirinya berada pada posisi orang lain. Hal ini merupakan pandangan yang mendasari model pembelajaran....
a. pembelantukan kepedulian
b. analogi
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan
10. Siswa harus membuat rencana kerja (proposal) dan mencari dukungan orang lain (advokasi) untuk menyukseskan programnya. Merupakan langkah pembelajaran dengan model....
a. pembelantukan kepedulian
b. aksi sosial
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan
11. Kegiatan menetapkan siswa naik kelas atau tidak naik kelas adalah kegiatan ….
A. Pengukuran
B. Membandingkan
C. Penilaian
D. Mengevaluasi
12. Sebutkan dua kegian yang harus dilakukan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran !
A. Pengukuran dan penafsiran
B. Pengukuran dan penilaian
C. Penilaian dan penafsiran
D. Penilaian dan evaluasi
13. Pedoman yang digunakan guru dalam mengembangkan alat evaluasi adalah ….
A. Kurikulum
B. Tujuan Pembelajaran
C. Buku Pelajaran
D. Kisi-kisi tes
14. Salah satu manfaat penilaian yang dilaksanakan secara kontinu adalah ….
A. Hasilnya lebih valid
B. Hasilnya lebih reliabel
C. Hasilnya lebih akurat
D. Hasilnya memuaskan semua pihak
15. Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa disebut …..
A. Selection tes
B. Placement tes
C. Achievement tes
D. Diagnostic tes
16. Manfaat hasil penilaian bagi siswa adalah sebagai berikut, KECUALI:
A. Mengetahui kesesuaian materi pelajaran dengan kemampuan siswa
B. Mendorong siswa belajar
C. Mengetahui ketepatan cara belajar
D. Mengetahui kemajuan belajar
17. Langkah pertama yang ditetapkan guru dalam merencanakan penilaian adalah …..
A. Menetapkan aspek-aspek yang akan diukur
B. Menetapkan metode penilaian yang akan digunakan
C. Menetapkan kriteria penilaian
D. Menetapkan tujuan penilaian
18. Tes yang materinya sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan guru disebut ….
A. Tes yang reliabel
B. Tes yang valid
C. Tes yang memiliki daya beda
D. Tes yang memiliki derajat kesukaran yang memadai.
19. Apakah kriteria yang sebaiknya digunakan guru dalam memilih metode penilaian yang akan digunakannya ?
A. Aspek/ranah yang akan diukur
B. Jumlah siswa
C. Materi pelajaran
D. Waktu yang tersedia
10. Siapa sajakah yang dapat memanfaatkan hasil penilaian ?
A. Guru dan siswa
B. Guru dan sekolah/lembaga
C. Sekolah dan siswa
D. Siswa, guru, dan Sekolah
Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut! Jawablah dengan singkat dan
jelas!
1. Jelaskan perbedaan mendasar antara strategi dan model pembelajaran.
2. Pilih salah satu kompetensi dasar yang dapat dicapai melalui penggunaan strategi pembelajaran deduktif!
3. Rumuskan indikator dan pengalaman belajar siswa berdasarkan pilihan KD pada soal nomor 2 tersebut.
4. Pilih salah satu kompetensi dasar yang dapat dicapai melalui penggunaan model pembelajaran pembentukan konsep!
5. Rumuskan indikator dan pengalaman belajar siswa berdasarkan pilihan KD pada soal nomor 4 tersebut.
Sumber: Buku Materi PLPG UNNES 208
Soal Uji Kompetensi Guru -UKG- PKN SMA/SMK/MA. di atas sedikit perlu pembaharuan lagi di lain waktu. Untuk itu bagi yang punya pertanyaan atau soal sejenis bisa menyumbangkannya melalui komentar di bawah ini
Baca juga :
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Akuntansi dari Buku
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Tik Baru Guru
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Kimia Indonesia
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Penjas SMA+
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Bahasa Inggris SMP
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Bahasa Inggris SMA
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Bahasa Indonesia SMA
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Matematika SMA MA SMK
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru PKN SMA MA SMK
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Biologi SMA MA
- UKG-Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Sertifikasi Guru 2012.
0 Komentar untuk "Soal Uji Kompetensi Guru -UKG- PKN SMA/SMK/MA"