Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia - Penghargaan sebagai Bank Terbaik di Indonesia 2012 (Indonesia Best Bank 2012) yang diterima oleh Bank Mandiri dari AsiaMoney magazine pada 30 Januari 2013 lalu merupakan bukti betapa Bank Mandiri layak mendapatkan sebutan sebagai Bank Terbaik di Indonesia. Penghargaan bank terbaik di Indonesia disematkan atas konsistensi Bank Mandiri dalam berinovasi guna menjaga kesinambungan pertumbuhan pada sepanjang 2012. Pada triwulan III/2012, Bank Mandiri telah membukukan pertumbuhan aset sebesar 17,2% menjadi Rp588,4 triliun yang ditopang oleh pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 22,8% menjadi Rp365,2 triliun. Peran besar Bank Mandiri dalam program pengembangan sektor riil dan UMKM yang menjadi program utama pemerintah Indonesia saat ini pun tak dapat dipungkiri. Berdasarkan hasil survey menunjukkan fakta yang menarik bahwa tingkat penyaluran tertinggi skim pinjaman bagi UMKM seperti KUR, KKP-E, KPN-RP dan KUPS, dilakukan oleh Bank Mandiri. Kebanyakan UMKM yang telah menikmatinya pun memberikan testimoni yang baik dan bahkan sebagian dari mereka sudah pernah mendapatkan fasilitas tersebut lebih dari 1 kali. Bank Mandiri cukup mengerti dengan kebutuhan rakyat kecil dengan menyediakan banyak skim khusus yang dapat di akses sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha mikro. Contohnya adalah: Kredit Usaha rakyat (KUR), Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E), Kredit Pengembangan Energi Nabati Revitalisasi Perkebunan (KPEN-RP), serta Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS) yang sejak awal 2007 hingga kini menjadi program wajib dari pemerintah yang harus disalurkan oleh perbankan nasional bagi UKM, petani, peternak, dan pekebun.
Latar belakang sejarah Bank Mandiri sendiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah, Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) dilebur menjadi Bank Mandiri. Mergernya keempat bank pemerintah ini menjadi Bank Mandiri bukan disebabkan pailit, namun karena memang dilakukan pada saat itu dalam rangka restrukturisasi perbankan pasca krisis moneter dan mempersiapkan Bank Mandiri untuk menghadapi era globalisasi seperti saat ini. Proses konsolidasi pun segera dilakukan dengan cepat oleh jajaran Direksi Bank Mandiri dengan menutup 194 kantor cabang yang berdekatan dan mengurangi jumlah karyawan dari 26.600 menjadi 17.620 karyawan. Pembenahan di bidang infrastruktur dan IT pun tak luput dari perhatian. Investasi senilai US $200juta dikucurkan dalam rangka mengimplementasikan system teknologi baru. Hari ini, infrastruktur IT Bank Mandiri telah mampu memberikan layanan straight-through processing dan interface tunggal pada seluruh nasabah. Kesuksesan lain yang berhasil dicapai Bank Mandiri pasca merger yaitu hanya 8 bulan setelah proses merger, Bank Mandiri berhasil menyelesaikan 70% kredit macet yang ada saat itu atau senilai Rp.20 milyar.
Kini Dengan aset yang terus bertumbuh sampai dengan diatas Rp 319 triliun, dan lebih dari 21 ribu karyawan yang tersebar pada 1000 kantor dalam negeri dan 6 kantor dan perwakilan luar negeri, Bank Mandiri bertekad untuk memberikan keprimaan dalam layanan perbankan dan memberikan solusi keuangan yang sangat luas dalam investasi dan produk syariah, serta bank assurance untuk nasabah korporat, komersial, small business dan micro business selain nasabah individual. Tekad Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia ini telah diakui dan dihargai sebagai peringkat pertama dalam Banking Service Excellence Award 2007 oleh Majalah Infobank. Segala prestasi yang diraih ini merupakan implementasi dari visi Bank Mandiri yaitu Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif.
Hari ini jaringan distribusi Bank Mandiri telah mencakup 3.186 jaringan ATM, 7.051 jaringan ATM LINK Network dan 12.663 jaringan ATM Bersama Networks, serta Electronic Data Capture (EDC) kurang lebih 25.254 di seluruh Indonesia. Bank Mandiri mempunyai 8.3 juta pemegang kartu ATM and 3.2 juta pengguna SMS Banking, 783,356 pengguna internet banking and 822,937 pengguna Call Mandiri dan kurang lebih 2,8 juta pemegang kartu kredit Mandiri. Jumlah tersebut menempatkan kartu kredit Mandiri sebagai kartu kredit yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat pada akhir tahun lalu. Executive Vice President Coordinator Consumer Finance Bank Mandiri, Heri Gunardi menjelaskan, jumlah tersebut meningkat sekitar 20,9% dari jumlah kartu kredit Mandiri pada 2011, atau melebihi kenaikan jumlah peredaran kartu kredit di masyarakat pada 2012 yang sebesar 14,45%. Pencapaian tersebut sejalan dengan strategi perusahaan untuk fokus pada pengembangan bisnis segment retail financing dan retail payment, terutama mengingat potensi pasar yang masih besar di Indonesia.
Itulah sedikit ulasan singkat saya tentang Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia ini. Dengan banyaknya keberhasilan dan prestasi yang telah berhasil dicapai oleh Bank Mandiri, tak salah kalau mulai saat ini Anda menggunakan produk-produk unggulan Bank Mandiri. Untuk informasi lebih lengkap silahkan Anda berkunjung langsung ke website Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia di http://www.bankmandiri.co.id/.
0 comments:
Posting Komentar