Pidato Inagurasi Presiden USA " Barak Husain Obama " Banyak Mendapat Pujian





Semua potret tentang Demokrasi yang dijalani dengan sempurna. Bahwa ada kesetaraan antara seorang presiden dengan rakyat biasa. Itu tidak harus mempengaruhi kewibawaan seorang kepala negara, karena sebagai pejabat tertinggi negara tidak akan turun derajat seorang presiden ketika berpelukan hangat dengan seorang artis.

Itulah praktik demokrasi yang perlu kita jalankan. Kekuasaan tidak perlu dengan dijalankan secara feodal. Seakan-akan presiden adalah sosok yang harus dihormati secara berlebihan dan dijauhkan dengan rakyatnya.

Acara pelantikan presiden bukan hanya miliknya orang-orang elite saja. Rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi mempunyai hak untuk ikut menjadi bagian dari acara. Bahkan mereka mendapatkan tempat yang terhormat di dalam acara.


Memang diperlukan tradisi untuk membiasakan hal itu bisa terjadi. Kita harus memulainya sejak sekarang bahwa pelantikan seorang presiden adalah pesta bagi seluruh rakyat. Bukan sebuah acara elitis yang diperuntukkan bagi elite politik atau orang-orang terdekat dengan pemegang kekuasaan saja.

Sudah 67 tahun Indonesia Merdeka. Sudah enam presiden yang dimiliki bangsa ini. Namun sosok presiden adalah sosok yang jauh dari rakyatnya. Ia tidak bisa secara tulus menyapa rakyatnya sebagai bagian dari warga bangsa yang memiliki hak dan tanggung jawab yang sama terhadap negaranya.




0 Komentar untuk "Pidato Inagurasi Presiden USA " Barak Husain Obama " Banyak Mendapat Pujian"