Hadits Nabi Tentang HAM - Hak Asasi Manusia

Inabuy.com - Hadits Nabi Tentang HAM - Hak Asasi Manusia

 عن ابن مسعود رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( لا يحل دم امرئ مسلم إلا بإحدى ثلاث : الثيب الزاني ، والنفس بالنفس ، والتارك لدينه المفارق للجماعة ) رواه البخاري ومسلم .

Artinya :
Tidak halal darah seorang Muslim melainkan disebabkan oleh tiga hal : orang yang pernah menikah berzina, jiwa (dibalas) dengan jiwa, dan orang yang melepaskan agamanya (Islam), memecah belah agama." Dilaporkan oleh Imam al-Bukhory dan Muslim.

من تردّ من جبل فقتل نفسه فهو في نار جهنم يتردي فيه خالدا مخالدا فيها أبدا ومن تحسي سما فقتل نفسه فسمه في يده يتحاه في نار جهنم خالدا مخلدا فيها أبدا ومن قتل نفسه بحديدته في يده بحأ بها في بطنه في نار جهنم خالدا مخالدا فيها أبدا (رواه أربعه)

Artinya:
Hadits Nabi Tentang HAM - Hak Asasi Manusia
Barang siapa yang menjatuhkan dirinya kedalam bukit hingga ia mati, maka didalam neraka jahannam tiada henti-hentinya menjatuhkan diriny adari atas bukit itu untuk selama-lamanya. Dan barang siapa yang meneguk racun hingga ia mati, maka didalam neraka jahannam racun itu berada ditangannya; ia meneguknya tiada henti-hentinya untuk selama-lamanya. Dan barang siapa yang membunuh dirinya dengan besi tajam, maka didalam neraka besi tajam itu berada ditangannya yang ia tusuk-tusukkan kedalam perutnya tiada henti-hentinya, untuk selama-lamanya. (Riwayat Arba’ah).

اجتنبوا السبع الموبقات قالوا: يا رسول الله وما هن؟ قال الشرك بالله والسحر وقتل النفس التي حرم الله إلا با لحق وأكل الربا وأكل مال اليتيم و التولّي يوم الزحف وقذف المحصنات الغافلات المؤمنات (رواه الخمسه إلا الترمذي)

Artinya:
 jauhilah tuju perkara  yang membinasakan. Mereka bertanya: wahai Rasulullah, apakah tuju perkara itu? Nabi saw bersabda: menyekutukan Allah, melakukan sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang benar, memakan riba, memakan harta anak yatim, lari dari barisan perang, dan menuduh berzina wanita yang baik-baik dan beriman. (Khamsah kecuali Tirmidhi).

من قتل نفسا معا هدا لم يرح رائحة الجنة وإنّريحها ليوجد من مسيرة أربعين عاما (رواه البخر والترمذي)

Artinya:
Barang siapa yang membunuh seorang Mu’ahad, (orang kafir yang mengadakan perjanjian dengan orang-orang muslim) maka ia tidak dapat mencium bauny asurga, padahal baunya surga itu dapat tercium dari jarak perjalanan empat puluh tahun. (riwayat Bukhari dan Tirmidhi).

Hadits Nabi Tentang HAM - Hak Asasi Manusia

لا يزال المؤمن في فسحة من دينه ما لم يصب دما حراما (رواه البخار والترمذي) ولأبي داود والنسائ: كل ذنب عسي الله أن يغفره إلا من مات مشركا أو مؤمنا قتل مؤمنا متعمدا

Artinya:
Seorang mukmin masih tetap dalam keluasan dari agamanya selagi tidak mengenai darah yang diharamkan. (Riwayat Bukhari dan Abi Daud). Menurut lafadz yang dikemukakan oleh Abi Daud dan Tirmidzi adalah’’semua dosa diharapkan Allah akan mengampuninya kecuali dosa seseorang yang mati dalam keadaan musyrik, atau dosa seorang mukmin yang membunuh orang mukmin lainnya dengan sengaja’’.

من قتل مؤمنا متعمدا دفع إلي أولياء المقتول فإنشاءوا قتلوا وإن شاءوا أخذوا الدية وهي ثلاثون حقة وثلاثون جذعة وأربعون خلفة وما صالحوا عليه فهو لهم وذلك لتشديد القل (رواه الترمذي وأبو داود)

Artinya:
 barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, mak ia diserahkan kepada para wali si terbunh; jika mereka suka, boleh membunuhnya, atau jika mereka suka boleh mengambil diat, yaitu tiga puluh ekor sapi untuk hiqqah, tiga puluh ekor jadza’ah, dan empat puluh ekokr unta khalifah. Dan mengenai hal-hal yang telah didetujui oleh kedua belah pihak, mereka boleh menerimanya. Yang demikina itu memperberat ‘aql.(riwayat Turmudhi dan Abi Daud).

لا تقتل نفس ظلماإلا كان علي ابن ادم كفل من دمها لأنه كان أوّل من سنّ القتل

Artinya:
Tiada seluruh jiwa pun yang dibunuh secara dhalim melainkan bagi anak adam yang pertama mendapatkan tanggungan sebagian dari darahnya karena dialah orang yang pertama yang melakukan pembunuhan.

في شبه العمد ثلاث وثلاثون جذعة وثلاث وثلاثون جذغة وأربع وثلاثون ثنية كلها خلفة
(رواه أبي داود)

Artinya:
Diat pembunuhan serupa dengan sengaja diperbuat sama dengan diat (pembunuhan) dengan sengaja, tetapi pelakunya tidak boleh dibunuh, hal yang sama diputuskan pula oleh khalifah Umar r.a (riwayat bu Daud dan Ahmad).

أول ما يقضي بين الناس يوم القيامة في الدماء. وفي رواية: أول ما يحاسب به العبد الصلاة, وأول ما يضي بين الناس في الدماء (رواه الخمسه إلا أبو داود)

 Artinya
Masalah pertama yang diputuskan diantara manusia pada hari kiamat ialah mengenai darah (jiwa). Didalam riwayat yang lain disebutkan, pertama kali hisab yang dilakukan terhadap seorang hamba ialah mengenai salat, dan masalah pertama yang diputuskan diantara manusia adalah mengenai darah (Hadis riwayat Khamsah kecuali Abu Daud)

Hadits Nabi Tentang HAM - Hak Asasi Manusia


أبغض الناس إلي الله تلاتة : ملحد في الحرم, ومبتغ في الإسلام سنة الجاهلية وم"لب دم امرئ بغير حق ليهريق دمه (رواه البخاري)

Artinya:
 manusia yang paling dibenci oleh Allah ada tiga macam: yaitu ornag yang durhaka ditanah suci, orang yang melakuakn perbuatan jahiliyah dalam islam, dan orang yang menunutut darah orang lain tanpa alasan yang hak selain yang mengalirkan darahnya (membunuhnya).(riwayat Bukhari)

لا يزني العبد حين يزني وهو مؤمن ولا يرق حين يسرق وهو مؤمن ولا يشرب حين يشرب وهو مؤمن ولا يقتل وهو مؤمن وزاد أبو هريرة في روايته لهاذا والتوبة معروضة بعد (رواه الخمسة)

Artinya:
tiada sekali-kali seseorang hamba berzina sedangkan ia dalam keadaan beriman, dan tiada sesekali-kali ia mencuri sedangkan ia dalam keadaan beriman, dan tidak sekali0kali ia minum khamar sedangkan ia dalam keadaan beriman, serta tiada sekali-kali ia membunuh sedangkan ia dalam keadaan beriman, Abu Hurairah r.a. didalam hadis yang diceritakannya menambahkan, pintu tobat masih terbuka sesudah itu.(riwayat khamsah).

وسئل ابن عباس ر ض عمن قتل مؤمنا متعمدا ثم تاب واتدي فقال: وأني له بالتوبة سمعت نبيكم ص م يقول: يجئ المقتول متعلقا بالقاتل تشخب أوداجه دما فيقول أي رب سل هذا فيم قتلني ثم قال والله لقد نزلت وما نسخها شيئ

Artinya:
Ibnu Abbas pernah ditanya mengenai seseorang yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, lalu ia bertaubat mengikuti jalan petunjuk. Maka Ibnu Abbas r.a. menjawab: dari manakah ia memperoleh tobat (ampunan)? Aku pernah mendengar nabi kalian bersabda, kelak orang yang dibunuh datang seraya memegang si pembunuh sedangkan urat-urat lehernya mengalirkan darah, lalu ia berkata, wahai Rabbku, tanyakanlah kepada orang ini mengapa dia membunuhku? Ibnu Abbas r.a. mengatakan, Demi Allah, ayat mengenai masalah itu telah diturunkan dan tiada suatu ayat pun yang menaskh-nya.

وقال سعيد بن جبير: قلت لإبن عباس: هل لمن قتل مؤمنا متعمدا توبة؟ قال لا فقرأت عليه اية الرقان إلي     إلا من تاب- فال: هذه مكية نسختها اية مدينة-ومن يقتل مؤمنا متعمدا فجزاؤه جهنم (رواه النسئ والشيخان في التفسير)

Artinya:
Sa’id bin Jubaor telah menceritakan, Aku pernah bertanya kepada Ibnu Abbas r.a.: Apakah ada tobat bagi orang yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja? Ia menjawab, tidak ada. Lalu aku membacakan kepadanya ayat surat al-Furqan, hingga sampai kepada firmannya, kecuali orang-orang yang bertaubat. (al-Furqan:70) tetapi ibnu Abbas r.a. mengatakan, ayat itu adalah makkiyah yang dimansukh oleh ayat madaniyyah yaitu firman-Nya dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah jahannam (an-nisa: 93) (hadis ini sebelumnya diriwayatkan oleh Imam Nasai dan Syaikhain dalam bab tafsir)

أن رجلا من بني ادم عدي قتل فجعل النبي ص م دية اثني عشر ألفا أي من الدراهم. (رواه أصحاب السنن)


Artinya:
Bahwa seorang lelaki dari kalangan Bani ‘Addi telah terbunuh, maka Nabi, saw. Menjadikan diatnya dua belas ribu dirham (Riwayat Ash habus Sunan).

عقل شبه العمد مغلظ مثل عقل العمد ولا يقتل صاحبه وبه قضي عمر رضي الله عنه       (رواه أبوداود و أحمد)

Artinya:
Diat untuk (pembunuhan) serupa dengan senjata diperberat sama dengan diat (pembunuhan) dengan sengaja, tetapi pelakunya tidak boleh dibunuh. Hal yang sama diputuskan pula oleh Khalifah Umar r.a(Riwayat Abu Daud dan Ahmad).

Demikian Hadits Nabi Tentang HAM - Hak Asasi Manusia

Baca juga :
  1. Hadits Tentang Pemimpin
  2. Hadits Nabi Tentang HAM (Halaman Ini)
  3. Kode Bank Seluruh Indonesia
  4. Bukti Kebenaran Al-Qur'an dan Bagaimana dengan Injil ? (di halaman ini)
  5. Injil Mengajarkan Pembunuhan Tanpa Belas Kasihan
  6. Kebenaran Nabi Muhammad soal Tulang Ekor  
  7. Hadits Tentang Kejujuran 
0 Komentar untuk "Hadits Nabi Tentang HAM - Hak Asasi Manusia"