Penjelasan Tentang Blackberry Code Signing Keys

Research In Motion (RIM) melacak penggunaan beberapa application programming interfaces (API) untuk alasan keamanan dan ekspor kontrol. Beberapa API yang membutuhkan proses ini telah dijelaskan pada post sebelumnya. Untuk menanam aplikasi yang telah dibuat pada device sesungguhnya (bukan simulator) aplikasi tersebut harus terlebih dahulu dilakukan proses ‘signing’ menggunakan kunci yang telah disediakan oleh RIM.

Pendaftaran Code Signing Keys
Untuk mendapatkan Code Signing Keys dari RIM terlebih dahulu melakukan pendaftaran melalui web blackberry di https://www.blackberry.com/SignedKeys/ dengan melengkapi data-data yang diminta.

Yang terpenting saat melakukan pendaftaran adalah pada bagian ‘Registration PIN’. PIN merupakan kunci keamanan yang kita gunakan saat melakukan proses ‘signing’ aplikasi kita, jadi tidak sembarang orang dapat melakukan proses ini selain yang mengetahui PIN yang anda daftarkan tersebut.

Setelah melakukan pendaftaran selanjutnya tunggu sampai 2 hari kerja untuk mendapatkan beberapa file dan instruksi lengkap yang dikirim ke email saat pendaftaran. File yang kita terima sebanyak 3 file.

Install Code Signing Keys
Setelah anda mendapatkan 3 file yang dikirim oleh RIM selanjutnya simpan semua file tersebut didalam direktori yang sama, bebas di direktori mana yang penting disatukan dalam satu direktori.

Selanjutnya dari Eclipse pilih menu BlackBerry – Sign – Install New Keys (kebetulan BatikPress menggunakan Eclipse sebagai IDE Programmingnya, untuk IDE yang lain silahkan di sesuaikan), pilih salah satu dari 3 file yang telah disatukan dalam satu folder tadi dan ikuti proses selanjutnya. Saat proses install anda meminta PIN yang telah dijelaskan pada proses pendaftaran sebelumnya.

Proses Signing Aplikasi
Aplikasi yang membutuhkan proses ini biasanya pada ‘Package Explorer’ terdapat tanda kuning segi tiga. Aplikasi tersebut saat dijalankan menggunakan simulator tidak akan menemukan masalah namun setelah dipasang ke device BlackBerry akan error sebelum dilakukan proses signing.

Untuk melakukannya melalui Package Explorer pilih aplikasi yang akan dipasang kemudian klik kanan dan pilih menu BlackBerry – Sign with SigningTool dan ikuti langkah selanjutnya termasuk meminta memasukan kembali PIN pada proses pendaftaran.

Setelah berhasil aplikasi anda siap untuk dipasang pada device blackberry yang asli bukan hanya sebatas simulator.


SOURCE 
0 Komentar untuk "Penjelasan Tentang Blackberry Code Signing Keys"