Cara Menampilkan Rating Bintang di Google Part-2 [Troubleshooting]

Troubleshooting dan Solusi dalam Pemasangan Rating BintangAnda gagal memasang atau membuat rating bintang di blog ? Tenang, sebagaimana janji saya untuk melanjutkan posting sebelumnya Cara Menampilkan Rating Bintang di Google Part-1, kali ini saya akan share solusi cara mengatasi masalah (troubleshooting) dalam memasang ratingbintang di blogspot. Sebagaimana peribahasa “banyak jalan menuju Roma” yang bisa kita terjemahkan menjadi masih “banyak cara untuk mengatasi kegagalan memasang rating bintang”. Hi hi..koq jadi pelajaran Bahasa Indonesia ya..ggkkk !! Well sepertinya memasang rating bintang itu mudah saja tapi saya sendiri sudah membuktikan ternyata ampun pusing juga dibuatnya !! Ada beberapa trik yang saya lakukan saat gagal memasang rating bintang rich snippets yang mungkin saja juga akan anda alami saat pertama kali mencoba memasang rating bintang di blog. Simak ulasan berikut ini, mudah-mudahan bisa menjadi solusi jitu untuk dapat menampilkan rating bintang rich snippet di blog anda.

Troubleshooting / Solusi Memasang Rating Bintang Di Blogspot

1.       Fakta awal yang saya temukan menjadi kendala dalam pemasangan rating bintang ini adalah kegagalan terjadi manakala template blog kita sudah menerapkan pengaturan tag heading dinamis H1 dan H2. Untuk menyiasati ini berarti kita harus menerapkan pemasangan kode rating bintang pada kedua tag heading (H1) dan (H2) seperti yang saya lakukan. Fokuskan pencarian kode dengan 2 alternatif yaitu <h1 class='post-title entry-title'>  dan <h2 class='post-title entry-title'>  karena kita menggunakan 2 tag heading dinamis sebagai judul. Sebagai komparasi (perbandingan), inilah susunan kode pemasangan tag HTML untuk rating bintang pada heading H1 dan H2 template saya. Perhatikan letak penambahan kode rating bintang yang saya tandai dengan warna merah pada tag heading H1 dan H2 sekaligus !!
<a expr:name='data:post.id'/>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<b:if cond='data:post.title'>
<span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'><h2 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link' expr:title='data:post.title'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url' expr:title='data:post.title'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h2></span></span>
</b:if>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:post.title'>
<span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'><h1 class='post-title entry-title' style='font-size:1.2em;'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link' expr:title='data:post.title'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url' expr:title='data:post.title'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h1></span></span>
</b:if>
<b:else/>

2.      Untuk meta tag akun profil google plus, sobat dapat mencoba 2 alternatif seperti dibawah ini, namun JANGAN memasang keduanya..!!

<link href='https://plus.google.com/108774874833379515328' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/108774874833379515328' rel='publisher'/>

Sesuaikan kode ID profil google plus warna merah dengan milik anda !!

Pertama kali saya mencoba dengan meta tag yang pertama (atas) tapi gagal, akhirnya saya mencoba menerapkan alternative meta tag yang kedua (bawah) dan akhirnya BERHASIL.

3.      Sebagaimana yang saya jelaskan sebelumnya bahwa markup (penanda) untuk rating bintang diletakkan diantara tag <body>  dan </body>.
<body>
<div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>

Kode isi body template bla..bla..bla...

</div>
</body>

Nah pada kasus tag heading dinamis, kembali saya mengalami kegagalan dan akhirnya mencoba untuk menambahkan kode <div> dan </div>  tambahan sehingga menjadi seperti dibawah ini.

<body>
<div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>

Kode isi body template bla..bla..bla...

</div> </div>
</body>

4.      Masih berlanjut dengan troubleshooting berikutnya adalah saat harus mencari kode <span class='fn'><data:post.author/></span>pada template. Ternyata dalam template saya ditemukan ada 2 kode <span class='fn'><data:post.author/></span>yang sama ! Pada percobaan awal saya memasang penambahan kode reviewer <span itemprop='reviewer'></span> yang nantinya akan memunculkan tulisan Diulas oleh atau Review by itu pada kode <span class='fn'><data:post.author/></span>yang kedua namun GAGAL, hapus lagi dan saya coba memasang pada kode  pertama yang ditemukan dan ternyata BERHASIL. Berarti kalau dalam template anda ternyata ada 2 kode  maka anda harus memasang kode HTML reviewer pada kode  yang pertama (CUKUP SATU SAJA YA !!). Susunan kode HTML reviewer lengkap dengan penambahan nilai rating menjadi seperti dibawah ini.

<div class='post-footer'>
<div class='post-footer-line post-footer-line-1'>
<span class='post-author vcard'> <b:if cond='data:top.showAuthor'> <data:top.authorLabel/> <span class='fn'><spanitemprop='reviewer'><data:post.author/></span></span>
</b:if>
</span>
<span itemprop='rating'>4.5</span>


5.      Temukan kode <b:include name='feedLinks'/> pada template anda. Kalau sudah ketemu, pastikan dibawahnya terdapat kode seperti ini.
<b:if cond='data:top.showStars'>
    <script src='//www.google.com/jsapi' type='text/javascript'/>
    <script type='text/javascript'>
      google.load(&quot;annotations&quot;, &quot;1&quot;, {&quot;locale&quot;: &quot;<data:top.languageCode/>&quot;});
      function initialize() {        google.annotations.setApplicationId(<data:top.blogspotReviews/>);
        google.annotations.createAll();
        google.annotations.fetch();
      }
      google.setOnLoadCallback(initialize);
    </script>
  </b:if>

Sehingga kode lengkapnya akan menjadi seperti dibawah ini.

<!-- feed links -->
  <b:include name='feedLinks'/>
  <b:if cond='data:top.showStars'>
    <script src='//www.google.com/jsapi' type='text/javascript'/>
    <script type='text/javascript'>
      google.load(&quot;annotations&quot;, &quot;1&quot;, {&quot;locale&quot;: &quot;<data:top.languageCode/>&quot;});
      function initialize() {        google.annotations.setApplicationId(<data:top.blogspotReviews/>);
        google.annotations.createAll();
        google.annotations.fetch();
      }
      google.setOnLoadCallback(initialize);
    </script>
  </b:if>
</b:includable>

6.      Kemudian pastikan juga anda sudah mencentang tulisan Show Rating Star atau Tampilkan Rating Bintang pada bagian posting blog (post body) di elemen laman. Caranya klik tombol Editpada pojok kanan bawah area posting blog, selanjutnya akan terbuka window baru untuk konfigurasi posting blog. Centang pada kotak Tampilkan Rating Bintang dan klik Save/Simpan.

 
7.      Pada saat melakukan test preview di Google Rich Snippets Tool mungkin saja anda akan mengalami hasil seperti gambar dibawah ini, dimana saya juga pernah mengalami sebelumnya.




 Screenshot 1 dan 2 adalah contoh kasus dimana author/publisher belum terverifikasi dan atau akun google plus anda belum terhubung dengan akun blogger. Sebagaimana saya jelaskan sebelumnya pada Part-1 tutorial blog ini, bahwa pada profil google plus harus juga disetting kontibutor untuk akun blogger anda dengan memasukkan link URL homepage blog pada profil google plus. Sedangkan screenhot 3 adalah contoh akun google plus yang sudah terverifikasi sebagai publisher. Yang terbaik adalah akun google plus yang sudah terhubung dengan blogger harus bisa terverifikasi baik sebagai publisher maupun author. Jadi harus kedua-keduanya sehingga pada saat di preview tampilannya seperti gambar dibawah ini.

 Pada screenshot gambar 2 terlihat ada tulisan Error: Author profile does not have a rel='me' link to a Google Profile. Berikut cara mengatasi masalah ini sekaligus untuk membuat akun google plus anda terverifikasi sebagai Publisher dan Author. Buatlah sebuah link teks dengan menggunakan ID profil google plus dan nama yang anda pakai pada profil google plus seperti dibawah ini.

<a href='https://plus.google.com/108774874833379515328' rel='me'>rayhanzhampiet</a>

108774874833379515328 = kode ID profil google plus
rayhanzhampiet = nama author yang saya tulis dalam meta tag author <meta content='rayhanzhampiet' name='author'/>  dan juga nama pada meta tag publisher google plus <link href='https://plus.google.com/108774874833379515328' rel='publisher'/> pada template. Nama yang sama juga  saya gunakan juga pada profil google plus (disetting menjadi alias). Sebaiknya anda juga menggunakan nama yang SAMA.

Selanjutnya letakkan link teks tadi dalam halaman posting di blog anda, misalnya halaman About Me, Profil Saya atau Tentang Saya. Jika tidak ada, anda boleh menempatkannya dimana saja misalnya sidebar atau footer seperti yang saya buat. Pokonya terserah yang penting masih di blog anda jangan sampai di blog orang lain ha ha.

8.       Jika anda masih menghadapi masalah setelah menerapkan beberapa tips yang saya sampaikan, silahkan mencoba mencari pemecahannya di link  http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=1093493. Khusus untuk pemberian nilai rating, saya sarankan jangan sampai memberikan angka 5 atau 10. Karena nilai 5 dan 10 adalah nilai sempurna (perfect) untuk penilaian sebuah artikel. Menurut mbah Google ada beberapa kriteria atau syarat yang harus terpenuhi sehingga disarankan anda untuk tidak memberikan nilai sempurna. Lebih jelas mengenai ini dapat anda baca di  http://knol.google.com/k/google-rich-snippets-ratings-that-don-t-use-a-5-point-scale#.
     
Demikian jalan panjang menuju Roma...tutorial blog tentang berbagai solusi mengatasi beberapa masalah yang biasanya muncul saat kita mencoba membuat/menampilkan rating bintang di blog pada hasil pencarian Google. Semoga tips panjang yang saya tulis dengan nafas ngos-ngosan saking capeknya ini bisa bermanfaat untuk teman-teman sahabat blogger semua yang mungkin masih belum berhasil mempraktekkan Cara Menampilkan Rating Bintang di Google  yang saya tulis sebelumnya. Sekali lagi untuk anda yang mau copas artikel Cara Menampilkan Rating Bintang Part-2 [Troubleshooting] ini, hargailah jerih payah seorang blogger dalam menuliskan karyanya dengan memberikan link aktif sumber artikel ini. Salam Blogger !!

0 Komentar untuk "Cara Menampilkan Rating Bintang di Google Part-2 [Troubleshooting]"