Google Panda www.inabuy.com |
Mengapa Google Panda Lahir?
Inilah mungkin pertanyaan yang harus kita jawab sebelum mengetahui apa saja yang dibenci dan yang disukai si Google Panda atau dengan kata lain bagaimana optimalisasi SEO dengan mengacu pada cara kerja Google Panda.
Seperti yang telah saya jelaskan tadi bahwa algoritma Google Panda sangat berbeda dengan algoritma google sebelumnya, tapi lahirnya google panda bukanlah tanpa alasan. karena si raja mesin pencari yaitu google geram dan marah besar terhadap ulah para blogger yang tidak punya niat baik membuat blog dengan mengisikan artikel-artikel sampah pada blognya. Setelah mendapatkan kabar dari para pembisik si raja mesin pencari bahwa banyaknya keluhan saat ini dari para pencari artikel yang merasa jengkel karena setiap kali mencari artikel yang muncul malah artikel yang tidak ada hubungannya dengan yang dicari sehingga konon kabarnya pengguna Google banyak yang beralih ke Yahoo, MSN dan beberapa mesin pencari terkenal lainnya. Dan dari situlah murka om Google dilampiaskan dengan memerintahkan pasukan google panda untuk membasmi para blogger nakal tersebut dengan menendang mereka satu persatu jauh dari urutan impian para blogger, yaitu urutan 10 besar google.
Bagaimana cara kerja Google Panda?
Ibarat di suatu kerajaan, yaitu mengenai bagaimana menarik perhatian sang raja untuk menyukai kita dan menaikkan pangkat kita adalah dengan cara mengetahui alur berpikirnya. Begitupun dengan Google Panda. bila kita ingin disukai oleh google panda dan mendapat tempat di 10 besar miliknya maka kita harus tau cara kerjanya. Nah, cara kerja Google Panda adalah mengandalkan penilainnya pada kualitas artikel suatu blog. Anda mungkin terheran-heran dengan cara kerja satu ini dan mungkin anda bertanya "Apa mungkin ada script yang bisa menilai kualitas blog kita? Jawabannya, ada. Disinilah keahlian google dalam mengembangkan diri untuk selalu menjadi yang terbaik.
Pertanyaan yang timbul kembali dari jawaban diatas adalah 'Bagaimana cara kerja google panda sehingga bisa menilai kualitas suatu artikel? Nah, berikut adalah beberapa kata kunci yang mungkin harus anda tahu:
- Google panda memanfaatkan mesin browsernya yaitu Google Chrome yang dilengkapi fitur yang bernama Personal Blocklist untuk memberrikan kesempatan pada pengguna browser tersebut untuk melaporkan bila ada artikel yang berkualitas rendah. Tapi sayang untuk yang satu ini belum sepenuhnya bekerja karena Mozillalah yang mendominasi browser saat ini
- Boogle panda menghakimi kualitas suatu blog berdasarkan pageview atau lamanya pengunjung mondar-mandir dalam suatu blog dalam satu waktu kunjungannya di blog tersebut.
- Kalau kamu sudah tau soal repeat visitor atau kunjungan kembali satu pengunjung pada blog yang sama secara berulang-ulang, inilah salah satu penilainan si mbah google untuk menilai kualitas suatu blog. tapi caranya bagimana si google panda tau tentu hanya google juga yang tau.
- Pengulangan kata kunci atau bahasa kerennya keyword density salah satu cara google panda menilai kualitas suatu artikel. tapi pengulangan kata yang dimau si google panda adalah pengulangan yang wajar dan tidak berlebihan.
- Google panda suka pada artikel yang panjang dan benci pada artikel yang pendek. Para pakar sudah ada yang menyimpulkan minimal 400 kata afdolnya, lebih tinggi 300 kata dari batas sebelumnya yaitu 100 kata. tapi saya menyarankan untuk anda menuliskan minimal 500 kata saja untuk lebih mengoptimalkannya.
- Google panda tidak terlalu memetingkan backlink. dan bahkan blog dengan backlink berlebihan bisa saja dianggap spam. Saran saya buatlah perbandingan yang wajar antara jumlah backlink dan jumlah artikel blog anda. kalau bisa buatlah perbandingan 5 : 1, yaitu bila anda memiliki lima artikel minimal 1 backlink. jadi kalau ada 100 artikel dalam blog anda sebaiknya backlinknya 20 saja cukup.
- Google panda ramah dengan internal link, yaitu link yang melink antara artikel anda dalam blog anda sendiri, bukan dari artikel blog orang lain. Caranya, berikanlah link artikel pertama anda pada artikel ke 2 dan pada artikel kedua berikanla link pada artikel ke 3 dan pada artikel ke 3 linkan balik lagi ke artikel pertama sehingga google mudah membaca keserasian artikel dalam blog anda. Tapi ingat! harus dengan artikel yang sesuai.
- Google panda senang pada gambar yang menggunakan tag atau image alt. Sudah tau kan semua? jadi tidak usah saya jelaskan.
- Google panda tidak suka nvisible teks atau keyword. Jadi jangan coba-coba sekarang berbuat curang dengan mengisi page anda hanya dengan keyword saja guna mendapatkan trafik yang tinggi karna hasilnya bisa malah sebaliknya.
- Hindari sebisa mungkin adanya broken link di blog anda atau kalau tidak google panda akan menilai blog anda tidak profesional.
- Bisakan menulis artikel yang memerhatikan kerapatan, kepadatan, dan pengulangan keyword yang akurat. Tapi yang masih dalam jumlah wajar.
0 Komentar untuk "Trik SEO yang Friendly versi Google Panda"