Membuat navbar Google Friend Connect

Google Friend Connect (GFC), selain memiliki fungsi sebagai pertukaran link blogger profile ternyata juga sangat banyak pilihan widget dan fungsi navbar yang bisa di tambahkan di blog Anda.

Salah satunya yaitu menambahkan navbar GFC (semacam bar navigasi) di dalam blog Anda. Fungsinya hampir sama dengan GFC yang berada di sidebar widget namun biasa fungsi navbar di pergunakan untuk merapatkan atau menyelipkan di atas ataupun di bawah header ataupun footer blog Anda, sehingga penampilannya bisa menghemat sidebar blog Anda.

Sebelumnya saya pernah juga membuat menambahkan Buku tamu dengan google friend connect, dan sekarang dua fungsi dapat di lengkapi dengan GFC navbar ini, yaitu profile pengikut sekaligus buku tamunya (hemat khan!) contohnya bisa Anda lihat di http://www.ossamples.com/socialmussie/

Penasaran oke sekarang kita mulai cara menambahkan Navbar GFC di dalam blog.

Buka Google Friend Connect ---  www.google.com/friendconnect
Masukan email dan password (saya sarankan gunakan email dan password blogger profile milik Anda)

Di situ ada form di situs mana navbar GFC akan di buat, namun jika kamu sudah mempunyai akun blogger maka tinggal di klik saja nama blog Anda  (di sebelah kiri).

KLIK Ramban galeri gadget --- Pilih Social Bar






1. Selanjutnya pada OPSI

  • Pilih posisi navbar : Atas/bawah (terserah Anda).
  • Beri tanda centang pada ikutkan gadget komentar -jika Anda ingin menyertakan komanter, bila tidak -di hilangkan saja tanda centangnya.
  • Komentar berlaku : pilih seluruh situs, kecuali dalam satu akun blogger Anda memiliki lebih dari satu blog bisa di pilih laman atau id (ini adalah id masing2 blog berbeda, lihat pada jendela browser pada saat login ke blog anda rearrage?blogID=3029274859473524).
  • Bubuhi teks berikut di area komentar: bisa di ubah sesuai keinginan Anda.
  • Tajuk komentar: juga sama bisa di ubah sesuai kemauan Anda
  • Izinkan pengunjung mengeposkan tautan YouTube : adalah izin tuk mengeposan tautan dari youtube.
  • Izinkan pengeposan anonim : Jika di beri centang maka siapa saja bisa berkmentar di navbar, sebaliknya jika tidak di beri centang hanya pengguna Akun blogger saja yang bisa berkomentar di navbar komantar.

Jika sudah selesai pengaturannya :

2. KLIK BUAT KODE
Copy pastekan di tambah gadget --- Pilih Html/javascript pada blog Anda.

Jika cara ini tidak berhasil

KLIK Edit Html cari kode </body>
kemudian Copy pastekan kode dari google friend connect social bar yang telah Anda buat tadi di atas kode </body>

dan Simpan

beres, selesai silahkan di coba... mungkin tampilan navbar blogger GFC ini bisa menambah daya tarik blog Anda, mantab salam ngeblog... semangat selalu.
Sumber gambar ilustrasi paling atas : Google.com image-social-bar-priview


0 Komentar untuk "Membuat navbar Google Friend Connect"