Thursday, 28 March 2013

Pertanyaan Tes Psikotes Menggambar Pohon dan Manusia, Tips menggambar dan Tujuan Testnya

lazada
Ketika kita tes Psikotes sering kita ditanya mengenai berhitung, menggambar dan sebagainya. Beberapa pertanyaan yang sering adalah menggambar pohon, menggambar rumah dan menggambar manusia.

Tentu bukan asal-asalan saya seorang penanya dalam tes pskotes tersebut membuat pertanyaan. Mereka minimal ahli dibidang psikologi sehingga jawaban dari pertanyaan tersebut akan sangat mempengaruhi

Jawaban yang benar Tes Psikotes Menggambar Pohon dan Manusia, Tips menggambar dan Tujuan Testnya bisa anda baca memalui ulasan berikut ini.

TES Psikotes menggambar merupakan salah satu fase dalam ujian psikotes, biasanya ada dalam wartegg test, yaitu tes gambar. Tes ini identik dengan tes army alpha, hanya saja army alpha lebih universal untuk mengukur daya tahan, keuletan dan ketelitian, kemampuan menyimpan memory (hapalan) pada hal yang sifatnya numerik dan aritmatik. Sedangkan tujuan tes gambar lebih menekankan pada detail spesifikasi dan daya imaginasi tetapi diintepretasikan pada perspektif gambar yang spesifik dan berhubungan secara psikis dengan visi dan misi perusahaan rekruiter pengada rekruitasi.

Untuk bisa melalui tes gambar ini sebenarnya tidak ada metode khusus, jika memang anda adalah kandidat yang benar-benar tepat dan dibutuhkan perusahaan rekruiter, entah bagaimanapun caranya, anda akan tetap bisa meyelesaikan tes gambar lebih mudah sesuai dengan naluri dan kehendak anda sendiri dan tepat dengan kebutuhan rekruiter/perusahaan pengada rekrutment.

Namun tips kali ini adalah khusus untuk anda yang mungkin ada kekhawatiran dengan tes gambar karena mungkin belum memiliki visi yang sepaham dengan perusahaan rekruiter tetapi ingin berusaha maksimal menjadi kandidat yang terpilih, Jadi begini tipsnya :

Untuk tes gambar, basic dan dasarnya biasanya adalah tes gambar pohon dan tes gambar manusia, Pohon yang dimaksud dari jenis pohon apapun, mau pohon magga, rambutan, apel, jeruk dan lainnya, maupun menggambar orang. Kenapa dua gambar ini menjadi titik penilaian kepribadian seseorang berdasarkan tes gambar? Karena objek manusia/orang (HTP) dan gambar pohon (Baum Tree Test), lebih memiliki titik detail dan spesifikasi yang unik dibandingkan objek lainnya. Meskpun ada beberapa perusahaan menggunakan gambar dan objek lain, ini ditentukan oleh segmen bisnis perusahaan bersangkutan. 

Apapun bentuk garis, arsiran, detail gambar dan merepresentasikan seperti apa komptensi dan kepribadian anda, Hanya tester/psikolog yang bisa membaca dan memberikan penilaian yang tepat sesuai kebutuhan rekruiter. Namun demikian, jika apa yang anda gambar sesuai dengan arahan dan petunjuk tester dan kebutuhan rekruitasi, anda akan memiliki grade lebih, karena pada dasarnya relevansi dan ketepatan yang dibutuhkan.

Apakah mengikuti tes ini gambarnya harus bagus dan indah? Sudah dijelaskan sebelumnya dan Jawabannya tentu tidak demikian, karena anda sedang tidak menjalani tes seni lukis, anda sedang tes psikotes. Aspek perspektif kepribadian dan daya imaginasi yang sedang diujikan, Seni lukis dan gambar psikotes punya perspektif yang berbeda. Pelajari tips tes gamber berikut ini :
Tips tes gambar psikotes dan rekrutment kerja :

1. Perhatikan arahan pengawas ujian, perhatikan apa yang benar-benar diminta, perhatikan antara kalimat dalam soal dengan yang diucapkan pengawas/tester/rekruiter. Kenapa? Karena tester/rekruiter paling tau apa yang benar-benar sedang dibutuhkan perusahaan pengada rekruitasi tersebut. Perhatikan hanya arahan dari rekruiter, supaya anda tidak dead lock terjebak. Karena detail tidaknya yang akan anda gambarkan tergantung dari arahan tester.

2. Perhatikan garis, lengkung, titik, atau bidang apa saja yang diberikan pengawas/tester pada anda. Bidang dasar ini biasanya akan anda gunakan untuk melanjutkan gambar perspektif sesuai dengan dengan visi dan kebutuhan perusahaan rekruiter.

3. Jika anda sudah mendapatkan arahan yang tepat dari tester, Mulailah menggambar sedetail dan sespesifik mungkin anda bisa, terutama perhatikan detail bagiannya yang paling berhubungan dengan visi, misi dan profile compagny rekruiter serta segmen bisnis utamanya.

4. Gambarlah jangan seperti menggambar arsiran, gunakan cara tepat dan mantap dan tidak melebihi xx garis.

Selesaikan tes gambar sebisa mungkin anda bisa, gunakan feeling dan perceptions yang tepat, terserah sesuai dengan naluri anda. Karena tes ini akan mengungkap kompetensi tersembunyi anda yang mungkin tak pernah anda sadari sebelumnya melalui tes tpa yang biasa-biasa, Tes psikotes gambar sangat unik dan taktis, karena realitanya seseorang yang baru pertama kali tahu dan menjalani tes ini menurut pengalaman yang sudah-sudah akan kaget, Yang dikagetkan adalah gambar sudah detail dan bagus secara seni lukis dan estetika, tetapi ada gambar yang lebih simpel justru itu gambar yang masuk menurut tester, fleksible saja sesuai dengan pemahaman anda. Ini realitanya.

Untuk lebih lengkap dan jika anda benar-benar membutuhkan, Silahkan anda boleh mendapatkannya melalui link berikut ini sebagai referensi belajar yang sesuai dengan kualifikasi dunia kerja saat ini, Untuk download tes psikotes gambar lengkap mulai dari : tes Army Alpha, Spasial 2D, 3D, tes gambar pohon, tes gambar manusia, dan aplikasi IST Visual tes, bisa masuk pada halaman khusus mengenai semua jenis psikotes khususnya untuk instrumen tes kerja, atau bisa langsung download program psikotes sekaligus user guidenya.
Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda

Demikian yang dapat kami ulas mengenai soal tes psikotes menggambar rumah, manusia dan pohon beserta jawaban yang ideal. Tulisan diatas tentu tidak menjamin anda diterima di sebuah perusahaan karena setiap perusahaan memiliki penilaian sendiri dan punya tim dengan tingkat subjektifitasnya sendiri. Yang perlu anda lakukan adalah membandingkan dengan tes lain, jenis perusahaan yang anda lamar dan tentunya menyiapkan mental!

Advertiser

 
function hideNow(e) { if (e.target.id == 'ac-wrapper') document.getElementById('ac-wrapper').style.display = 'none'; }