Cara Pengecekan Data Guru NUPTK Dapodik di P2TK Dikdas


cek data guru ptk
Cara Pengecekan Data Guru NUPTK Dapodik di P2TK Dikdas - Verifikasi Data PTK dan Info Data PTK yang diupload ke pendataan P2TK Dikdas sangat penting diketahui para guru karena berhubungan sekali dengan SK Tunjangan Profesi yang bermasalah atau datanya tidak valid. Yang masih banyak belum dipahami bahwa banyak sekali data-data pada Dapodik (Data Pokok Kependidikan) yang bersifat mandatory (wajib) karena berpengaruh langsung ke program-program di P2TK Dikdas. Jadi bisa saja sebenarnya proses penerbitan SK Tunjangan Profesi guru anda terkendala karena data yang ada pada sistem online NUPTK tidak sinkron dengan Dapodik yang juga dikirim secara online ke server pusat. Nah untuk menelusurinya tidak salah kalau anda mencoba melakukan pengecekan data guru sebagaimana yang akan saya sampaikan berikut ini.     

Pengecekan Data Guru atau Verifikasi Data PTK :

1. Kunjungi website Direktorat P2TK Dikdas DISINI
Jika berhasil masuk maka akan menemukan halaman login Verifikasi Data PTK seperti dibawah ini.

verifikasi data PTK

2. Masukkan username=No NUPTK anda dan password=Tanggal lahir anda
Misalnya nomor NUPTK saya adalah 0847755656300022 dan tanggal lahir 15 Mei 1977 maka untuk passwordnya harus diketik 19770515. Format pengetikan password adalah YYYYMMDD.

3. Jika anda berhasil login, selanjutnya akan tampil Info Data PTK secara lengkap seperti gambar dibawah ini. Buka link gambar di tab baru untuk memperbesar.

verifikasi data guru 2013

4. Selanjutnya cek Data NUPTK anda yang terdiri dari 20 isian (field), Rincian Jam Mengajar, Status NUPTK dan Status Kelulusan Sertifikasi anda. Data yang ditandai dengan warna merah artinya data-data yang belum valid atau belum diverifikasi. Keterangan yang muncul seperti Tidak valid, Belum sesuai, Warning, Fatal dan lain-lain.

5. Tips jitu: Pengalaman pribadi nih, sebaiknya print tampilan layar data PTK anda sehingga hasil print tersebut bisa anda perlihatkan pada operator di Dinas Pendidikan atau di sekolah anda untuk dasar perbaikan datanya. Pada browser Firefox saya terinstall addons Awesome Screenshot sehingga saya bisa melakukan capture screenshot pada layar browser secara full page atau halaman penuh.

Data-data yang ditampilkan pada website ini tidak dapat anda rubah secara langsung. Anda dapat menghubungi atau meminta bantuan operator pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dimana anda berada serta mengecek data Dapodik yang dikirimkan oleh operator sekolah ke server pusat melalui aplikasi. Jadi semua data yang dikirim intinya harus sinkron atau sama. Pengalaman isteri saya sendiri, kesalahan data bisa terjadi karena data pada sekolah lama belum dihapus. Karena lokasi mengajar isteri saya sekarang bukan lagi sebagaimana SK pengangkatan awal atau sudah pindah lokasi tugas.

Tips-tips untuk memperbaiki kesalahan data :

1.Point 8-9 tidak valid, nama pangkat golongan dan TMT gol kosong/tidak sesuai
Kemungkinan kesalahan : pengisian pada pangkat, golongan, jabatan fungsional, TMT awal-akhir

Cara memperbaiki : isi pangkat golongan, jabatan fungsional, isi no. SK Inpassing untuk Non PNS

2.Point 10, tugas tambahan kosong, jika anda mempunyai tugas tambahan
Kemungkinan kesalahan : pada kolom jabatan, tugas tambahan guru, kolom riwayat terdaftar
Cara memperbaiki :
- Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah.
- Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya.

3.Point 17 tidak valid, id bidang studi sertifikasi kosong
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data nomor sertifikat pendidik, NRG, bidang studi sertifikasi, tahun sertifikasi.
Cara memperbaiki : cek kembali data tersebut terutama NRG (yang sudah memiliki NRG adalah peserta sertifikasi

4.Point 20 tidak valid, JJM kurang dari 24 jam
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data rombel, PTK mengajar, tugas tambahan guru, riwayat mengajar, riwayat terdaftar
Cara memperbaiki :
- Isi PTK mengajar pada data rombel sesuai dengan jumlah jam mengajar.
- Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
- Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya

5.Point 15, gaji pokok kosong untuk PNS
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala.
Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut

6.Point 15, gaji pokok kosong untuk Non PNS
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala, no. SK Inpassing
Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut

7.Point 18, tahun pensiun kosong, atu sudah terlewati
Kemungkinan kesalahan : pengisian data tanggal lahir, TMT
Cara memperbaiki : isi tanggal lahir dengan benar


Dibawah ini merupakan panduan mengenai pengisian data-data Dapodik yang bersifat wajib dan beberapa pertanyaan yang sering kali disampaikan atau FAQ (Frequently Asked Question) yang ditujukan ke P2TK Dikdas. Buka gambar di tab baru untuk memperbesar tampilan gambar !



Semoga informasi Cara Pengecekan Data Guru NUPTK Dapodik di P2TK Dikdas ini bisa bermanfaat dan membantu bapak ibu guru semua.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut