Tidak Lulus UN, Masih Ada Kesempatan Kedua

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rembang meminta siswa kelas XII SMA sederajat yang dinyatakan tidak lulus UN, bisa memanfaatkan kesempatan kedua agar bisa tetap lulus sekolah tahun ini.
Kepala Disdik Rembang Dandung Dwi Sucahyo mengatakan, tidak lulus UN tak lantas berarti menutup kesempatan siswa agar  bisa menuntaskan jenjang pendidikannya di tingkat menengah atas. "Siswa yang tidak lulus masih ada kesempatan kedua, yakni ikut ujian kejar paket C. Kami berharap siswa tak menyia-nyiakannya," terangnya, Minggu (27/5).
Dandung menyebutkan, sebanyak 17 siswa di kabupaten itu tak lulus UN tahun 2012. Sebanyak sepuluh diantaranya merupakan pelajar SMA, sedangkan sebanyak tujuh anak lainnya merupakan siswa madrasah aliyah (MA).
Mereka disarankan mengikuti ujian kejat paket C yang akan digelar awal Juli mendatang. "Mereka bisa menghubungi pihak sekolah jika ingin ikut ujian Kejar Paket C. Namun kami tak bisa memaksa. Jika ingin mengulang satu tahun agar bisa lulus SMA tahun depan ya silakan saja," terangnya.
UN tingkat SMA sederajat di kabupaten itu diikuti sebanyak 5.579 siswa terdiri siswa SMA (2.183 siswa), MA (1.446 siswa) dan SMK sebanyak 1.950 siswa. Disdik menyatakan kelulusan siswa SMK, jurusan eksak (IPA) dan Bahasa sempurna 100%. Sedangkan tingkat kelulusan jurusan IPS di SMA dan MA sebanyak 99.24% dan 99,53%.
Secara keseluruhan prosentase kelulusan siswa tahun ini hanya 99,25%. Angka ini lebih rendah dibanding prosentase kelulusan tahun lalu yang mencapai 99,28%. Disdik, kata Dandung, akan segera melakukan evaluasi agar penurunan tingkat kelulusan ini tak terulang di tahun ajaran mendatang.

SOURCE
0 Komentar untuk "Tidak Lulus UN, Masih Ada Kesempatan Kedua"