7 Julukan Unik Indonesia

7 Julukan Unik Indonesia - Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Nah, apa sih 7 Julukan Unik Indonesia ? Yuk, simak 7 Julukan Unik Indonesia.

1. Indonesia Dijuluki Negara Agraris 

Indonesia memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang sangat banyak. Kekayaan alam di Indonesia yang melimpah terbentuk oleh beberapa faktor, antara lain:
  • Dilihat dari sisi astronomi, Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan cepat.
  • Dilihat dari sisi geologi, Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan mineral.
  • Daerah perairan di Indonesia kaya sumber makanan bagi berbagai jenis tanaman dan hewan laut, serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral.
Namun, sangat disayangkan negara dengan SDA terkaya ini masih mengimpor bahan - bahan pangan dari luar negeri.
2. Hutan Indonesia adalah Paru - paru Dunia.

Mengapa hutan Indonesia disebut Paru - paru Dunia, karena hutan Indonesia menopang oksigen dunia. Sementara, luas hutan Indonesia sendiri adalah 130 juta Ha. Tapi, luas hutan tersebut dari hari ke hari semakin berkurang. Berkurangnya luas hutan Indonesia disebabkan oleh aktivitas penebangan hutan liar, pengalihan hutan menjadi lahan  pemukiman hingga menjadi lahan pertanian. Dampak ini membawa hutan Indonesia menjadi sangat kritis dan hancur. Sehingga kebutuhan oksigen dunia berkurang.

3. Indonesia Dijuluki Negara Kepulauan


Indonesia merupakan negara kepulauan yang berbentuk republik, terletak di kawasan Asia Tenggara. Indonesia memiliki lebih kurang 17.000 buah pulau dengan luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan 3.257.483 km2. Dengan pulau besarnya adalah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

4. Negara Dengan Pantai Terpanjang Di Dunia

Luas wilayah perairan Indonesia mencapai 5,8 juta km2, dan panjang pantai 95,181 km. Juga merupakan negara nomor empat terpanjang pantainya dan 75 % wilayahnya adalah lautan.

5. Negara dengan Keanekaragaman Flora dan Fauna 
Seperti yang saya katakan sebelumnya Indonesia merupakan negara dengan Sumber Daya Alam terkaya di dunia. Nah, pastinya Indonesia memiliki keanekaragaman Flora dan Fauna yang beraneka ragam. Diperkirakan di seluruh dunia terdapat 2 jutaan spesies tumbuhan yang telah dikenali dan 60 % dari jumlah tersebut terdapat di Indonesia. Namun, sangat disayangkan keanekaragaman tersebut terus berkurang karena perburuan liar.

6. Negara Terkorup di Dunia
Wow, ini nih yang paling menyebalkan "Indonesia Negara Terkorup Di Dunia". Hampir setiap hari kita mendengar berita korupsi di Indonesia. Indonesia menempati posisi 5 sebagai negara terkorup di dunia :(. Dan yang paling parah lagi Indonesia menempati posisi 1 sebagai negara terkorup di dunia di wilayah di Asia-Pasifik. Prestasi yang sangat memalukan untuk negara dengan kekayaan SDA yang sangat banyak ini.

7. Negara dengan Sejuta Masalah

Ini yang paling parah lagi, Indonesia merupakan negara dengan sejuta masalah. Bagaimana tidak ? Hampir setiap hari masalah di Indonesia selalu muncul. Mulai dari masalah kemiskinan, bentrok, pembunuhan, kisruh TNI dan Polisi, korupsi, masalah kesehatan, pelecehan seksual, hingga yang terbaru masalah pelaksanaan UN yang tidak serempak. Dan masih banyak lagi masalah - masalah di negeri Indonesia ini.

Yuk, kita belajar untuk mulai mengubah Indonesia. Mulai dari bersikap menjaga lingkungan sendiri, bersikap jujur sehingga anak cucu kita tidak dapat merasakan apa yang kita rasakan.
0 Komentar untuk "7 Julukan Unik Indonesia"