Cara Mencari Riwayat / Perawi / Rawi Hadits Nabi

Inabuy.com - Cara Mencari Riwayat / Perawi / Rawi Hadits Nabi berbeda dengan artikel yang saya tulis sebelumnya di ......karena kalau yang sebelumnya Cara Mencari Riwayat / Perawi / Rawi Hadits Nabi Muhammad saw. untuk layanan situs hadits yang berbahasa Indonesia, nah sekarang situs pencari rawi hadits yang berbahasa Arab langsung yang pencariannya dengan kata kunci yang terdapat dalam hadits tersebut.

Beberapa cara menggunakan situs dari Cara Mencari Riwayat / Perawi / Rawi Hadits Nabi yang saya sampaikan kali ini di antaranya adalah :
  1. Pencarian haditsnya bisa dengan memilik kata kunci yang terdapat dalam hadits. Pemilihan kata kuncinya bisa dari kata yang mana saja asalakan bukan kata penghubung atau kata yang umum.
  2. Setiap hasil pencarian hadits atau rawi hadits langsung menampilkan berbagai jenis buku sumber hadits tersebut diperoleh sehingga jelas referensinya.
  3. Setiap hasil pencarian haditsnya selalu menampilakan hadits lain yang masksudnya sama tapi redaksi dan rawi atau perawi haditnya berbeda.
  4. Dalam situs Cara Mencari Riwayat / Perawi / Rawi Hadits Nabi ini kita bisa langsung mengetahui susunan sanadnya dengan meng-klik kata 'Asaaid' pada hadits yang sudah dibuka.
  5. Dan masih banyak lagi kelebihannya, untuk itu silahakan mengunjungi situsnya di :
http://islamweb.net/hadith/

Cara Mencari Riwayat / Perawi / Rawi Hadits Nabi dengan Islamweb

1.  Pertama kunjungi situsnya di http://islamweb.net/hadith/

2.  Ketikkan hadits yang kau cari dengan mengetik kata kunci di bagian pencariannya seperti gambar di bawah ini :

Cara Mencari Riwayat / Perawi / Rawi Hadits Nabi dengan Islamweb

3.  Setelah terlihat deretan haditsnya seperti gambar di bawah tinggal kamu klik matan atau isi haditsnya seperti gambar di bawah ini

Cara Mencari Hadits Nabi Rasulullah saw

4.  Setelah haditsnya terbuaka kamu masih ada pilihan :

Cara Mencari Hadits Rasulullah Muhammad saw

  • 'Takhrij' (Perawi-perawi yang mengeluarkan atau merawikan hadits serupa)
  • 'Syawahid' (Kumpulan hadits dengan redaksi yang berbeda tapi maksudnya sama)
  • 'Atraaf' (Hadits yang sama tapi dengan sumber yang berbeda)
  • 'Asaaid' (Susunan sanad dan kualitas sanad dari hadits tersebut)

Cara Mencari Riwayat / Perawi / Rawi Hadits Nabi dengan Islamweb di atas semoga dapat membantu teman-teman semua dalam mencari kebenaran perawi pada hadits yang dibaca di blog-blog atau buku bacaan yang terdapat hadits Rasulullah saw. di dalamnya.

Catatan :
  • Cara Mencari Riwayat / Perawi / Rawi Hadits Nabi dengan Islamweb di atas hanya bisa digunakan kalau kamu telah mengetahui haditsnya yang dalam tulisan bahasa arab lalu kamu pilih salah satu kata di dalamnya untuk di cari di situs Islamweb dot net ini.
  • Atau kamu mengetahui kata kunci hadits yang akan kamu cari rawinya kemudian langsung kamu ketikkan katanya dengan menggunakan font arab di situs pencarian hadits tersebut.
Baca juga :
  1. Kumpulan Hadits-Hadits Nabi Muhammad
  2. Kumpulan Hadis Bukhari Muslim
  3. Niat Puasa-Puasa Sunnah
  4. Cara Mencari Rawi Hadits
    0 Komentar untuk "Cara Mencari Riwayat / Perawi / Rawi Hadits Nabi"